• SMA NEGERI 4 BUKITTINGGI
  • Bertaqwa, Berprestasi, Mandiri, Berkarakter Bangsa dan Berwawasan Lingkungan

PEMBELAJARAN ABAD 21 / DARING ONLINE MELALUI RRI

PEMBELAJARAN  ABAD 21 / DARING ONLINE  MELALUI  RRI

OLEH  GURU  SMA  NEGERI 4 BUKITTINGGI

 

Saat ini proses pembelajaran kepada siswa tidak bisa dilakukan melalui tatap muka. Hal ini disebabkan karena epidemi  covid 19 yang sudah menyebar di dunia termasuk Indonesia.

Di Indonesia hari ini penyebaran virus ini makin hari makin memburuk terbukti dengan bertambahnya penderita covid 19 setiap harinya. Pertambahan ini baik dari jumlah penderita yang positif dan jumlah kematian.

            Berdasarkan informasi dari pemerintah Rabu, 2 April 2020 jumlah penderita covid 19 sudah terdata 1700 kasus dan 170 orang meninggal dunia. Dalam masalah ini pemerintah mengondisikan pembelajaran melalui tatap muka tiadakan. Pembelajaran dilakukan melalui daring online (Abad 21). Pembelajaran melalui daring online dilakukan dengan berbagai model diantaranya melalui whats up, geogle class room, geogle drive, dan beberapa media sosial lainnya.

            Inti dari pembelajaran  ini  sebenarnya, menjauhkan siswa dari kegiatan yang sifatnya keramaian dan melaui kegiatan pembelajaran online ini guru bisa menginformasikan kepada siswa untuk membiasakan mencuci tangan setiap 20 menit, menjaga jarak dalam berkomunikasi, selalu membiasakan memakai masker, menjauhkan tangan dari mata, mulut, hidung, dan muka, selalu mencuci pakaian dan tubuh sehabis keluar rumah.

            Selain pembelajaran melalui media online kepala SMA Negeri 4 Bukittinggi  pada tahun 2019 telah menjalin kerja sama dalam hal publikasi kegiatan sekolah dan pembelajaran dengan RRI. Kerja sama ini sebelumnya sudah terjalin  sejak awal tahun 2019 sebelum virus covid 19 merebak di dunia. Sebelumnya melalui RRI pembelajaran sudah sering dilakukan misalnya, pembelajaran bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Kegiatan pembelajaran ini sebelumnya menyertakan beberapa orang siswa dan langsung on air di RRI.

            Saat ini kegiatan pembelajaran tetap dilakukan oleh guru-guru SMA Negeri 4 Bukittinggi melalui RRI secara langsung setiap hari pukul 10. 00 dengan mata pelajaran yang berbeda-beda. Acara ini diberi nama “Ibu Pertiwi Memanggil Belajar di RRI.” Kegiatan ini sangat positif  dilakukan  tanpa menyertakan siswa hanya guru mata pelajaran. Beberapa mata pelajaran yang telah on air adalah bahasa Inggris, sejarah, bimbingan konseling, bahasa Indonesia, ekonomi, biologi, sosiologi, dan beberapa mata pelajaran lainnya.

            Kegiatan pembelajaran melalui kerja sama dengan RRI ini cukup menarik. Guru mata pelajaran menginstruksikan kepada siswa liwat grup whatsApps kelas untuk mengikuti dan mendengarkan pembelajaran di radio mereka di rumah masing-masing. Bila mereka tidak mempunyai radio mereka juga bisa mendengarkan melalui android radio sendiri tanpa harus keluar rumah. Melalui kegiatan ini guru bisa menjelaskan materi pembelajaran dengan gamblang, santai, ringan, tanpa harus khawatir siswa mereka dikenai oleh virus covid 19. Dalam kegiatan ini guru juga bisa memberikan tugas dan pertanyaan ringan tanpa harus membebani siswa dengan banyak tugas.

            Melalui kegiatan pemberian materi pembelajaran di RRI kegiatan tatap muka bisa ditiadakan sementara proses pembelajaran bisa berlangsung dengan maksimal dan berkualitas. Kegiatan pembelajaran dengan beberapa mata pembelajaran ini sudah berlangsung lebih kurang 15 hari ini. Untuk  kegiatan  ini Kepala SMA Negeri  4 Bukittinggi sangat berterima kasih atas dedikasi Bapak dan ibu guru untuk tetap eksis melaksanakan pembelajaran di tengah situasi seperti ini. Semoga kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan mendapat amal yang tak terhingga olehNya. Amin YRA.

 

               

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pemilihan Wakil Kepala Sekolah Masa Jabatan 2024-2026

Sehubungan dengan akan berakhirnya masa jabatan Wakil Kepala Sekolah Periode Tahun 2021-2023, maka pada hari ini Selasa tanggal 21 November 2023 pukul 15.00 WIB bertempat di Ruang

22/11/2023 11:15 WIB - Administrator
Muhammad Farel, Fadil Akram Alfi dan Muhammad Aziz Siswa SMAN 4 Bukittinggi menjadi bagian dari PSKB Bukittinggi U-17 Di Ajang Piala Soeratin 2023

Muhammad Farel (X E7), Fadil Akram Alfi (X E9) dan Muhammad Aziz (XI F 5) merupakan siswa SMAN  4 Bukittinggi yang dipercaya menjadi bagian Skuad Tim sepak bola PSKB Bukittinggi U-

21/11/2023 13:15 WIB - Administrator
Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024

Telah dibuka Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024 .  Jalur Pendaftaran : TAHAP 1 (AFIRMASI DAN PERPINDAHAN TUGAS ORANG TUA) PENDAFTARAN    &

12/06/2023 11:47 WIB - Administrator
DAZZLING BASKETBALL TOURNAMENT OSIS 2023

Pada Sabtu, 21 Januari 2023, Kepengurusan OSIS 2023 melaksanakan kegiatan perloombaan basket yang diberi nama “DAZZLING BASKETBALL TOURNAMENT”. Kegiatan ini bertujuan untu

11/02/2023 12:22 WIB - Administrator