• SMA NEGERI 4 BUKITTINGGI
  • Bertaqwa, Berprestasi, Mandiri, Berkarakter Bangsa dan Berwawasan Lingkungan

Pelaksanaan Penilaian Harian melalui CBT

 Pelaksanaan Penilaian Harian melalui CBT

 

Pada kegiatan pembelajaran seringkali ditemui beberapa permasalahan, salah satunya sistem yang masih konvensional. Guru sebagai kunci dalam pembelajaran, harus senantiasa mengupayakan inovasi dan meningkatan kualitas diri untuk mencapai kemajuan. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah melalui teknologi, khususnya teknologi pembelajaran. Teknologi pembelajaran adalah teori dan praktik dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi tentang proses dan sumber untuk belajar. Teknologi pembelajaran melingkupi dari awal kegiatan pembelajaran, hingga tahap evaluasi.

Di SMA Negeri 4 Bukittinggi masih ditemui kegiatan pembelajaran yang belum memanfaatkan teknologi secara maksimal. Salah satu contohnya adalah dalam kegiatan evaluasi. Kebanyakan guru masih menggunakan cara lama, yaitu menggunakan sistem evaluasi berbasis kertas (paper based), sehingga menyita banyak waktu guru untuk menyelesaikan administrasi ujian dan penilaian. Padahal, teknologi pembelajaran baik sebagai disiplin ilmu, program studi, maupun profesi terus mengalami perkembangan yang pesat. Penilaian manual biasanya dilakukan dengan cara memeriksa lembar jawaban soal satu persatu secara acak (random) atau berurutan (sequence), kelemahan dari proses penilaian seperti ini adalah :

  1. Membutuhkan waktu yang lama jika lembar jawaban soal relatif banyak
  2. Rentan terjadi kesalahan terhadap penilaian
  3. Proses analisis butir soal relatif lama untuk dilakukan
  4. Sulit untuk membuat soal dengan banyak paket

 

Erik Hadi Putra, S.Pd merupakan guru Bimbingan TIK di Sma Negeri 4 Bukittinggi. Sebagai bentuk layanan sebagai guru Bimbingan TIK terhadap guru, maka layanan yang diberikan berupa pelaksanaan penilaian harian melalui Computer Based Test (CBT) dan Android Based Test (ABT). Disinilah peran guru Bimbingan TIK guna mengarahkan dan membantu serta memfasilitasi guru menggunakan teknologi dalam pembelajaran, khususnya dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Kalau guru masih menggunakan cara lama, akan berdampak pada kinerja guru tersebut, karena waktu guru akan banyak habis untuk memeriksa jawaban siswa, membuat analisis, membuat beberapa paket soal dan juga pemborosan kertas.

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PEMILIHAN MPK OSIS SMA NEGERI 4 BUKITTINGGI

PEMILIHAN MPK OSIS SMA NEGERI 4 BUKITTINGGI MASA BAKTI TAHUN 2020   Seiring berakhirnya  masa bakti MPK OSIS SMA Negeri 4 Bukittinggi Tahun 2019, MPK OSIS SMA N egeri 4 Bukitt

01/02/2020 10:41 WIB - Administrator
PERPUSTAKAAN SMAN 4 BUKITTINGGI

Perpustakaan SMAN 4 Bukittinggi berdiri tahun 1997,sebelumnya perpustakaan ini merupakan ruang guru dan disebelahnya terdapat kantin sekolah.Untuk perpustakan sendiri , dulunya teretak

31/10/2019 19:27 WIB - Administrator
LOMBA KELAS LITERASI SMAN 4 BUKITTINGGI

LOMBA KELAS LITERASI SMAN 4 BUKITTINGGI Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara menghitung dan

31/10/2019 13:57 WIB - Administrator
LOMBA KELAS LITERASI SMAN 4 BUKITTINGGI

LOMBA KELAS LITERASI SMAN 4 BUKITTINGGI Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara menghitung dan

31/10/2019 13:56 WIB - Administrator
Penyerahan Bea Siswa oleh Pimpinan Wardah kepada Siswa Berprestasi dan Kurang Mampu di SMA  Negeri 4 Bukittinggi

Penyerahan Bea Siswa oleh Pimpinan Wardah kepada Siswa Berprestasi dan Kurang Mampu di SMA  Negeri 4 Bukittinggi        Penyerahan bea siswa kepada 3 orang sisw

28/10/2019 08:08 WIB - Administrator